Alamat Kantor :
Dkh. Gedangan, Rt. 11 Rw. 02, Ds. Senggrong, Kec. Andong, Kab. Boyolali, Prov. Jawa Tengah

+6285712327064

Cara Optimasi Local SEO untuk Bisnis

Cara Optimasi Local SEO untuk Bisnis

Local SEO adalah teknik yang dapat membuat bisnis Anda populer dan menjadi bintang di wilayah Anda. Teknik ini sangat cocok bagi Anda yang sudah memiliki toko fisik yang bisa dikunjungi konsumen. Tidak harus kantor atau toko, rumah Anda juga bisa dijadikan sebagai alamat.

Local SEO / SEO Lokal juga merupakan teknik yang sangat menarik untuk dioptimalkan karena 90% orang jika membutuhkan sesuatu ia menelusuri melalui google dan google akan mendeteksi wilayah pengguna sehingga google akan menyarankan konten yang relevan sesuai wilayahnya. Jika orang tersebut telah mendapatkan informasi ia akan melakukan pembelian offline karena jarak yang terjangkau diwilayahnya. Di bawah ini, kami akan memandu Anda melalui teknik dan cara mengoptimalkan SEO lokal untuk bisnis Anda.

Apa Tujuan SEO ?

Salah satu tujuan penggunaan SEO adalah untuk dapat menempatkan situs web perusahaan anda berada pada posisi teratas atau halaman utama di search engine ( mesin pencarian ). Dengan kata lain, peluang untuk mendapatkan pengunjung pun semakin besar sehingga traffic mengalami peningkatan.

Cara Mudah Optimasi Local SEO untuk Bisnis :

1. Lengkapi Profil Local SEO Google My Business

Faktanya, Local SEO dapat dilakukan di banyak platform mesin pencari yang berbeda. Namun di Indonesia, 96,84% pengguna internet masih menggunakan platform mesin pencari google. Sedangkan mesin pencari lainnya hanya menguasai kurang dari 2%. Ini artinya mayoritas memakai mesin pencari google, meskipun bisa juga di optimasi dimesin pencarian lainnya seperti yandex, Bing Places dan Apple Maps dan lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai menerapkan SEO lokal dengan mengoptimalkan Google Bisnisku. Jika ingin bisnis Anda muncul di Google Snack Pack, Anda harus mendaftar dan memverifikasi bisnis Anda di Google Bisnisku. Di Google Bisnisku, Anda harus mengisi informasi tertentu agar lebih mudah ditemukan di pencarian lokal. Khususnya lokasi, nomor telepon, kategori, atribut, jam buka dan foto dan kelangkapan informasi lainnya. Dibawah ini merupakan contoh Penampilan google snack pack :

2. Riset Keyword yang Tepat

Penggunaan kata kunci akan sangat berdampak pada riset SEO lokal bisnis Anda. Menggunakan kata kunci yang tepat akan membawa bisnis Anda ke peringkat teratas mesin pencari. Untuk mengetahui kata kunci mana yang berpotensi menarik dan paling banyak di cari oleh calon pelanggan. Anda dapat menggunakan alat SEO seperti Google Trend dan Google Key Planner. Anda bisa menggunakan alat tool seo yang gratis, Anda bisa membaca panduannya di : SEO Tools Terbaik dan Gratis

3. Buatlah Konten Lokal

Jika pasar Anda mencakup penduduk lokal, Anda juga harus memberikan informasi regional atau lokal. Misalnya saja jika Anda membuka bisnis kopi di Bandung, Anda bisa menemukan konten lokal tentang Bandung, seperti kejadian terkini, wisata seru, fakta unik, dan masih banyak lagi.

Anda dapat mengetahui tren apa saja yang sedang terjadi di masyarakat sekitar Anda. Intinya konten Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar bisnis Anda mudah ditemukan.

4. Optimasi SEO On-Page

Tujuan optimasi SEO on-page adalah membantu mesin pencari dengan mudah mengidentifikasi dan mengevaluasi konteks konten situs web dan relevansinya dengan kata kunci. SEO pada halaman tidak selalu tentang judul yang menarik atau clickbait semata.

Anda juga dapat mengoptimalkan SEO halaman Anda dengan menggunakan judul dan subjudul dalam konten. Anda juga dapat menggunakan Alat Webmaster Google untuk melakukan analisis dan memastikan bahwa situs Anda diindeks dengan benar oleh Google.

5. Analisis Pesaing atau Kompetitor Anda

Menganalisis pesaing atau kompetitor akan membantu Anda mengembangkan rencana atau teknik. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi situs pesaing Anda dan melihat sumber serta kata kunci yang mereka gunakan. Anda dapat menganalisis konten yang dibuat, kelebihan dan kekurangannya. Nantinya akan menjadi teknik yang cukup kuat untuk mengalahkan lawan. Alat yang dapat anda gunakan seperti : Google Keyword Planner, Semrush.com , ahrefs.com, moz.com dan semisalnya.

6. Tingkatkan Performa Link

Tautan eksternal (backlink) yang mengarah ke website Anda sangatlah penting. Karena semakin banyak link dari website lain ke website Anda, semakin banyak poin otoritas domain yang Anda peroleh.

Ini adalah hal yang baik karena akan menunjukkan seberapa relevan konten tersebut bagi pengguna sehingga berpotensi mencapai posisi teratas hasil pencarian. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tautan internal untuk membantu meningkatkan otoritas halaman, yaitu saat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda. Untuk solusi ini, anda bisa memasang link di media sosial, bekerjasama dengan para blogger untuk saling menautkan link pada konten dan yang agak mahal lagi memasang konten ke media nasional menggunakan Jasa Content Placement High Traffic.

7. NAP yang Konsisten

NAP meliputi nama, alamat dan nomor telepon. Langkah ini sekilas terlihat sangat sederhana namun akan sangat mempengaruhi keberhasilan algoritma Google. Hal ini membuat penerapan NAP konsisten di banyak platform bisnis yang berbeda, mulai dari Google My Business atau Google Bisnisku, situs web pribadi hingga jejaring sosial.

8. Perhatikan Ulasan dan Reviews Konsumen

Rating atau review erat kaitannya dengan Local SEO. Banyak dari kita ketika mencari informasi selalu mengecek review terlebih dahulu. Ini tentang memberikan rasa aman dan melihat interaksi yang dilakukan perusahaan dengan pelanggannya. Jumlah dan variasi ulasan merupakan dua indikator penting keandalan suatu perusahaan.

9. Pastikan Website Anda Mobile-Friendly

Orang yang menelusuri sesuatu di perangkat menggunakan SEO lokal sering kali menggunakan perangkat seluler. Jika situs Anda tidak mobile-friendly, beberapa calon konsumen akan melihat situs Anda namun akan kecewa dengan sulitnya menemukan informasi di perangkat seluler. Dengan menggunakan jasa pembuatan website di jasawebmu.id , website anda mendukung mobile frendly dan mendukung di semua device.

10. Melakukan Audit Performa

SEO pada dasarnya adalah teknik berkelanjutan, sehingga memerlukan pengujian rutin untuk melihat apakah pengoptimalan berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk mengeceknya, Anda dapat menggunakan alat Google Analytics. Jadi Anda dapat mengevaluasi segalanya mulai dari keakuratan informasi Google Bisnisku, peringkat situs Anda, hingga kinerja tautan yang Anda gunakan.

Alasan Mengapa Local SEO Dapat Menarik Pelanggan Baru :

Local SEO efektif dalam menarik pelanggan baru ke bisnis Anda. Para pebisnis lokal sebaiknya mulai menerapkan teknik SEO lokal agar bisnisnya lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Mengapa SEO lokal bisa efektif menarik pelanggan baru? Berikut penjelasannya:

1. Pelanggan Mencari Produk/Layanan Lokal melalui Internet

Kita sekarang berada di era informasi yang dikendalikan oleh Internet. Masyarakat cenderung mencari informasi melalui internet, termasuk produk dan layanan yang mereka butuhkan. Dengan menerapkan SEO lokal, bisnis Anda dapat menarik pelanggan baru dengan lebih mudah.

2. Hasil Pencarian Lokal Ditargetkan dan Tepat Waktu

Orang-orang menelusuri secara lokal karena ingin menemukan bisnis di dekat mereka. Selain itu, alasan lainnya adalah ingin mencari produk atau jasa. Banyak pencari lokal mencari nama bisnis tertentu, namun banyak pula yang tidak menyebutkan nama bisnis spesifik saat melakukan pencarian.

Dengan mempelajari SEO lokal, Anda bisa mendapatkan posisi yang lebih baik untuk bisnis Anda dan mempromosikan apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan lokal ketika mereka mencari bisnis serupa dengan bisnis Anda. Ini adalah saat yang tepat untuk terhubung dengan calon pelanggan ketika mereka benar-benar membutuhkan layanan/produk Anda.

3. Tidak Semua Bisnis alias Sedikit yang Mendaftarkan Bisnisnya di Google My Business

Google Bisnisku adalah listingan gratis yang disediakan oleh Google untuk bisnis. Dengan mendaftar di Google Bisnisku, peluang Anda untuk muncul di hasil pencarian lokal menjadi lebih tinggi. Selain itu, banyak bisnis lokal yang tampaknya tidak menyadari pentingnya pemasaran online. Hal ini memberikan Anda peluang untuk memenangkan persaingan antar pengusaha dan menjadikan bisnis Anda lebih kompetitif.

4. Jumlah Pengguna Internet Semakin Meningkat

Semakin banyak pelanggan yang menggunakan smartphone atau tablet mereka untuk mencari layanan dan produk disekitar mereka, ia mengecek di google untuk melakukan pencarian. Bahkan, proporsi pengguna media digital di perangkat seluler kini lebih tinggi 51% dibandingkan pengguna desktop yang hanya 42%.

Sekian penjelasan kami mengenai teknik optimasi Local SEO / SEO lokal untuk bisnis Anda. Semoga berhasil. Jika masih kesulitan, Yuk bisa ngobrol2 dan berdiskusi bersama kami. Gratiss !

Satrio Wibowo
Satrio Wibowo

Web Developer, Blogger dan Kreator Digital

Articles: 146

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *